Kamis, 16 April 2009

FACEBOOK, SUDAH PUNYA BELUM?

Written by Syofian Hadi

“Hari gene loe belon punya ef bi (FB=Facebook), di?
O em ji..!! O em ji..!! (OMG=Oh My God), masih ada ya orang gaptek kayak loe? Ini dah taon 2009 cuy, kemane aje loe?!!”

Yaah, begitulah kira-kira tanggapan beberapa teman yang mengetahui bahwa saya tidak mempunyai Facebook. Ada yang menganggap saya gaptek, tidak gaul, dan lain-lain. Padahal akhir November 2008 lalu saya sudah terdaftar dan aktif di dunia facebook, saat itu saya memang belum begitu menggilai facebook karena mungkin masih baru, masih seru dengan friendster dan saya pun belum berani mempublikasikannya karena menurut saya tampilannya belum layak, padahal tampilannya memang begitu-begitu saja. Selain itu, karena saat itu saya juga belum mendapatkan banyak teman, karena justru teman-teman yang sekarang heboh di dunia facebook tersebut belum terdaftar dan aktif di facebook saat itu. Saat itu teman-teman di facebook saya baru berjumlah belasan, itu pun lebih banyak facebook fans club, group, dan komunitas.

Di awal Januari 2009, ada seorang teman yang memberitahu saya bahwa facebook turut serta dalam pendanaan perang Israel la’natulloh ke Gaza Palestina. Saat itu saya benar-benar kaget, karena dari dulu saya sangat tidak setuju sekali atas agresi Israel dan saya belum bisa memberikan kontribusi berarti selain berdoa dan melakukan hal yang dapat saya lakukan. Wajar kalau saya kaget sekali, pikir saya banyak berkontribusi saja tidak tapi malah membantu Israel. Saat itu darah saya memang sedang mendidih melihat kekejaman Israel, saat ini pun masih, dan saya rasa teman-teman pun berpendapat dan merasakan hal yang sama dengan saya; SAY NO TO ISRAEL!!!!

Saya langsung mencari informasi tentang kebenaran berita tersebut. Saya coba telusuri di internet, ada banyak sumber yang menyediakan berita tersebut tetapi hampir seluruh sumber memiliki isi tulisan yang sama, mungkin hanya meng-copy-paste dan forward saja, mungkin juga karena sumbernya masih terbatas. Isinya lebih kurang seperti berikut ini (artikel ini saya copy dari: http://www.mail-archive.com/gorontalomaju2020@yahoogroups.com/msg16097.html):


----------------------------------------------------------------------

FACEBOOK PENYUMBANG ISRAEL

Fenomena facebook begitu gempar di Indonesia, sampai-sampai ada facebook dalam bahasa indonesia. Saya heran bukan main, satu per satu teman saya mendaftar di facebook. Tidak heran kalau di tahun 2008 facebook meraup keuntungan 300 juta dollar amerika karena lebih dari 140 juta user aktif di seluruh dunia dan 8,5 juta foto dimuat tiap harinya. Bagi yang belum tahu apa itu facebook bisa baca artikel ini. Facebook memberikan banyak kemudahan bagi kita, dari mulai menjalin relasi sampai cari uang dari facebook, baca juga artikel ini dan artikel ini. Tapi keuntungan yang sebanyak itu digunakan untuk membiayai perang di Gaza. Benarkah?

Awalnya saya juga tidak sengaja reseach tentang facebook. Dari awal saya sangat tidak setuju dengan adanya agresi Israel di Gaza. Untuk membantu warga Gaza, saya hanya bisa berdoa dan berniat untuk memboikot produk-produk Israel. Dari artikel yang saya publish beberapa waktu lalu tentang pemboikotan produk-produk Amerika, ada komentar yang mengatakan bahwa facebook dan wordpress adalah milik amerika dan menyarankan untuk tidak memakainya lagi. Dari sini awal mulanya saya melakukan reseach tentang facebook dan wordpress.

Fakta-fakta :

1. Facebook adalah milik Mark Zuckerberg, jika kita membaca artikel Mark Zuckerberg dalam Bahasa Indonesia tidak diketahui secara lengkap siapakah dia. Kalau kita membaca artikel tentang Mark Zuckerberg dalam bahasa inggris terdapat lengkap data diri si pembuat facebook ini.

2. Siapakah sebenarnya si pendiri sekaligus CEO facebook ini? Dia adalah mahasiswa Harvard University dan aktif sebagai anggota Alpha Epsilon Pi. What is Alpha Epsilon Pi? baca artikel ini.

3. Alpha Epsilon Pi adalah seperti perkumpulan mahasiswa yahudi di Amerika Utara, yang mempunyai misi sebagai berikut,

Alpha Epsilon Pi, the Jewish Fraternity of North America, was founded to provide opportunities for Jewish men seeking the best possible college and fraternity experience. We have maintained the integrity of our purpose by strengthening our ties to the Jewish community and serving as a link between high school and career. Alpha Epsilon Pi develops leadership for the North American Jewish community at a critical time in a young man’s life. Alpha Epsilon Pi’s role is to encourage the Jewish student to remain dedicated to Jewish ideals, values, and ethics and to prepare the student to be one of tomorrow’s leaders so that he may help himself, his family, his community, and his people.

Yang intinya adalah sebagai tempat pengkaderan dan tempat mencari pemimpin baru bagi kaumnya, yaitu Yahudi.

4. Fakta ke-empat sampai artikel ini ditulis serangan Israel di Gaza telah menewaskan lebih dari 600 palestinians.

5. Facebook mendapatkan keuntungan dari iklan yang dipasang, semakin banyak user dan pengunjung facebook senakin banyak pula penghasilnya.

Next research :
- Apakah hubungan Yahudi dengan Israel?
- Apakah benar sebagian pendapatan Mark Zuckerberg di sumbangkan untuk Alpha Epsilon Pi?
- Apakah Alpha Epsilon Pi berhubungan dengan pemerintah Israel?

Link :
- How To Delete Facebook Account?
- Daftar Produk AS yang diboikot oleh Para Ulama
(http://www.inminds.co.uk/boycott-brands.html)

Referensi :
- http://www.wikipedia.org
- http://www.aljazeera.net/english
- http://amirkovic.wordpress.com

------------------------------------------ ---------------------------------


Walau sumbernya belum begitu banyak dan variatif, tapi saat itu menurut saya sementara sudah cukup. Saya langsung men-deactive account facebook saya, bahkan saya dan teman-teman langsung mem-forward artikel ini, ditambah dengan artikel bagaimana men-deactive account facebook bagi yang sudah terlanjur bergabung. Menurut saya, ini yang baru bisa saya lakukan, saat itu Israel belum mau mengakhiri agresinya, padahal telah banyak korban anak-anak, wanita , dan warga sipil, dan seluruh dunia pun telah mengecam. Setelah saya mem-forward artikel ini, ada begitu banyak tanggapan yang berbeda-beda; ada yang menanggapinya secara positif dengan langsung men-deactive account facebooknya dan mem-forward artikel ini ke teman-temannya, ada yang bertanya “apa bener tuh beritanya?”, ada yang pura-pura tidak ingin tahu, dan juga ada yang menantang “aduuh, kenapa facebook? Masih banyak kaleee produk-produk lain yang belum keboikot! Boikot aja dulu tuh sabun, shampoo, odol!!”.

Teman-teman yang kucintai, seperti itulah kira-kira alasan mengapa saat ini saya tidak bergabung di facebook. Untuk saat ini, ini yang bisa saya lakukan sebagai salah satu bentuk kepedulian untuk Palestina tercinta. Memang sulit keluar dari produk-produk Amerika dan Yahudi yang hampir menguasai seluruh dunia. Tetapi paling tidak, sekali lagi, ada yang kita lakukan. Artikel ini pun saya tulis bukan untuk melarang teman-teman bergabung di facebook, tetapi sebagai jawaban dari pertanyaan-pertanyaan teman-teman seputar ketidakikutsertaan saya dalam facebook, tapi saya juga sangat bersyukur dan berterima kasih sekali bila tulisan saya ini bisa menjadi pertimbangan teman-teman sekalian. Sementara saya masih terus melanjutkan ef es (FS=friendster)yang telah dua tahun ini saya miliki dan saat ini sedang menekuni blog pribadi saya: hadialfarghani.blogspot.com. Walau terus terang saya juga masih dihantui pertanyaan besar apakah friendster, blogspot, yahoo, google, dan lain-lainnya tidak turut serta dalam agresi Israel, Amerika, dan sekutunya selama ini.

PS:
Teman-teman, kalau kalian punya informasi terbaru tentang peran atau hubungan facebook dan Israel, tolong informasikan ke saya di:
E-mail : hadi_alfarghani@yahoo.com atau hadi.alfarghani@gmail.com
Blog : hadialfarghani.blogspot.com.

Terima kasih.

1 komentar:

  1. To: Oki (dorm-lil'bro).

    Tuh, dah k'hadi tulis, so far ya begini aja, ntar kita search more.
    oke,..

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda. Tolong tinggalkan alamat e-mail, blog atau website Anda.