Tuesday, May 19, 2009

Friends Talk about Friendship

Written by Syofian Hadi

Me: My best frenz, whadayya think ‘bot friendship?

Friendship is not a game to play. It is not a word to say. It doesn’t start on March and ends on May. It is tomorrow, yesterday, today, everyday, and never die.
(Fitri – Teacher, English Dept’04 University of Lampung)

Persahabatan adalah warna dalam hidup. Tanpa sahabat, hidup tak ‘kan pernah indah. Tak ‘kan pernah bermakna. Hidup gak hidup deeh kalo tanpa sahabat..
(Echa – Midwife, Central Lampung)

Persahabatan bagai kepompong, merubah ulat menjadi kupu2…. :-)
Friends are like pieces of puzzle. If you lost one, it will never be complete.
(Eveline – Sultan Ageng Tirtayasa University)

Sahabat adalah kebutuhan jiwa yang mesti terpenuhi. Dialah ladang hati yang kau tanam dengan kasih dan kau panen dengan rasa terima kasih. Dialah pelengkap kekuranganmu, bukan pengisi kekosonganmu.
(Desvita – Muhammadiyah University of Malang)

Sahabat itu seperti potongan puzzle. Tiap potongan punya tempat tersendiri dan gak bisa digantiin sama potongan lainnya. Walaupun mereka hilang entah kemana, tapi masih ada tempat untuk mereka.. ;-)
(Marsha - English Dept’04 University of Lampung)

Persahabatan itu saling memberi support untuk maju ke depan, berbagi suka duka, always keep in touch, persahabatan dari kecil sampe tua.
(Wisnu – Sriwijaya University)

Sahabat adalah saat susah dia ada di samping kita dan selalu ada buat kita. Dan pada saat melihat kita senang, dia sangat takut kesenangan yang kita dapat akan cepat hilang.
(Ardi – Engineering Faculty, University of Lampung)

Sahabat adalah seseorang yang terkadang kita benci dalam suatu waktu, namun menyayanginya sepanjang waktu. Tak kenal jarak atau waktu, selalu ingat di dalam doa.
(Erda – Engineer, Lampung)

Ehm, persahabatan itu, hubungan yang gimana ya? Saling mendukung, tapi harus menggunakan akal sehat juga kali yaa. Biar ga salah dukung. Pokoknya yang bisa menghapus air mata kalau lagi sedih, bisa menenangkan hati. Yang bisa bilang “aku ‘kan jadi lilin kecil untukmu”, walau udah mau habis itu lilin, “ku kan slalu berusaha bersinar untukmu”.
(Widya - Teacher, English Dept’04 University of Lampung)

Friendship? Friendship is to love without condition, to give without expectation.
(Windi – Economic Faculty’04, University of Lampung)

Persahabatan adalah kunci kesuksesan baik di bumi maupun di akhirat. Dan hadist nabi berkata, “tidak akan masuk syurga orang yang memutus persaudaraan”. Jadi, kalau orang banyak musuh celakalah dia, hati tak pernah tentram, gerak langkah kita terasa dibatasi. Kalau saya tidak ada sahabat yang paling special, semua saya anggap sama. Hanya bedanya ada yang kita percaya untuk diajak bicara, dan kita percaya bisa jaga rahasia.
(Sigit - Teacher, English Dept’04 University of Lampung)

Persahabatan itu tempat berbagi suka dan duka. Kalau hanya suka atau duka saja, itu berarti bukan persahabatan. Sahabat itu akan selalu ada pada saat duka atau dibutuhkan, bukan hanya saat suka saja.
(Habi - Teacher, English Dept’04 University of Lampung)

Persahabatan: Telaga bening yang tak lekang waktu. Wa tawa soubil haq, wa tawa soubis sobr. Adalah surga, menjadi tujuan dari persahabatan itu sendiri.
(Mbak Darwasih - Teacher, English Dept’04 University of Lampung)

Persahabatan adalah sesuatu yang komplit. Rasanya hal yang sangat penting yang kudu semua orang punya. Tau sendiri ‘kan kita ya kadang merasa bahagia, geli, ya mungkin kadang kesel juga.
(Sugeng – Bukit Kemuning, North Lampung)

Sahabat itu luas. Selalu Ada untuk Hal-hal yAng BAik dan Tetap setia kawan.
(Erwin – Bukit Kemuning, North Lampung)

Sahabat menurut ane adalah teman sejati yang di saat suka maupun duka selalu ada di samping kita karena Alloh SWT.
(Zamhuri – Employee, Jakarta)

Sahabat itu orang yang suka ntraktir,
Sahabat itu orang yang suka minjemin duit waktu temennya bokek,
Sahabat itu orang yang suka nyariin calon istri/suami buat temennya yang masih jomblo,
Sahabat itu…………..
(Jatmiko – Physics Education’04 University of Lampung)

Arti sahabat: bisa mengingatkan di saat kita salah tanpa ragu-ragu, baik dia katakan baik, jelek dia katakan jelek, hanya dengan niatan untuk bersama-sama mendapat ridho Alloh. Sebagai penguat di saat goyah, sebagai pelipur di saat lara, sebagai pelindung di saat lemah.
(Fenny – Teacher, Bukit Kemuning, North Lampung)

Arti persahabatan buat gw: bila teman ada masalah kita membantu dengan ikhlas, di kala teman susah kita selalu bersama, di kala senang kita juga selalu bersama. Persahabatan bagaikan tali silaturahmi.
(Daniel – State University of Jakarta)

Persahabatan itu satu tingkat lebih tinggi di atas pertemanan… :-)
(Anwar - English Dept’04 University of Lampung)

Persahabatan itu seperti air mineral; jernih, menyejukkan, pertama yang kita cari saat dahaga, memberikan kesejukan saat kita menyentuhnya, memberikan ketenangan setelah meminumnya.
(Anis - Teacher, English Dept’04 University of Lampung)

Friendship is the most beautiful moment in the life.
(Fefi - Teacher, English Dept’04 University of Lampung)

Persahabatan? Kalo lagunya ‘kan “bagai kepompong, mengubah ulat menjadi kupu”, nek kulo persahabatan kuwi iso nyenengke nek kita “loro” intine kuwi “care”.
(Trian – Diponegoro University)

Friendship is indeed.
(Kak Masduki – English Debater, Lampung)

Friendship is glooming shining blasting ray of happiness.
(Satria – Teacher, English Dept’04 University of Lampung, Runner up of Mekhanai Lampung 2009)

Friendship = Faith
(Irun - Teacher, English Dept’04 University of Lampung)

Friendship is laughing, crying together.
(Umi - English Dept’07 University of Lampung)

Friendship is extraordinary pride of journey, once in my life time…
(Apparel - Teacher, English Dept’06 University of Lampung, LTV Presenter)

Friendship is a relationship between two people or more in which they complete, protect, and remind each other, and hmmm….. There’re not any conditions and unhealthy competition in friendship. I think that’s friendship.
(Dwiratih - Teacher, English Dept’04 University of Lampung)

Friendship is not about whom you have known the longest, who came first, or who care the best. It’s about who came and never left friend forever.
(Diesmita - Teacher, English Dept’05 University of Lampung)

Friendship is not about whom she/he is but what she/he does.
(Kristian - Teacher, English Dept’05 University of Lampung)

Friendship is the inexpressible comfort of feeling safe with a person, having neither to weigh thoughts nor measure words. This heartwarming expression captures the essence of friendship. When two people share a strong bond of mutual understanding, respect, and love, it lays the foundation stone for everlasting friendship. This bond just gets stronger with time, the trust between the two people grows and so does the attachment. Ideally the meaning of friendship is sharing unconditional love for each other. The purpose and meaning of friendship is to make life’s burdens lighter for our friends and not make them heavier.
(Ria Utari – Social Economics of Agriculture’04 University of Lampung)

Friendship is madu and racun. Merdeka!
(Sigit Onthel - English Dept’06 University of Lampung)

Persahabatan adalah ikatan erat yang merekatkan hati, menyatukan jiwa dan menyeragamkan rasa dengan keikhlasan. Ia tidak mengekang tapi melindungi. Ia tidak memaksa tapi mengerti. Ia tidak melemahkan tapi menguatkan dengan ketulusan, kedamaian, dan kerendahan hati.
(Eka Maya - Teacher, English Dept’04 University of Lampung)

No friendship no life, friend is someone to count and to be counted.
(Mbak Rani - Teacher, English Dept’04 University of Lampung)

Friendship is something that not only can you see but also feel, something that exists to help you add some flavors to you life, something that helps you to differentiate between sadness and happiness.
(Firdaus - Teacher, English Dept’04 University of Lampung)

Persahabatan itu bagaikan kepompong. Bagai tangan dan mata.
(Eka Apin – Businessman, South Sumatra)

Friendship is trust, share and care.
(Genie - Teacher, English Dept’04 University of Lampung)

Persahabatan adalah persaudaraan tanpa ikatan darah.
(Bevita - Teacher, English Dept’04 University of Lampung)

Selemah-lemahnya manusia ialah orang yang tidak boleh mencari sahabat. Dan orang yang lebih lemah dari itu ialah orang yang menyia-nyiakan sahabat yang telah dicari.
(Titi – Medical Faculty, Malahayati University)

Friend is someone who has the same enemy as you have.
(Yugolastarob – Post Graduated Student, University of Indonesia)

Friend is where sharing, improvement, understanding, and having fun. It’s the core.
(Charlie - Teacher, English Dept’04 University of Lampung)

Sahabat adalah O2 (oksigen) yang selalu ane butuhkan.
(Imam Forandes - Social Economics of Agriculture’04 University of Lampung)

Persahabatan itu adalah saling memahami dan menerima, serta saling berbagi. Untuk ngebuat persahabatan itu langgeng, cukup aplikasikan 3 komponen itu. Tau karakter sahabat, kita terima apapun kekurangan dan kelebihannya, dan kita berbagi dalam hal apapun.
(Nila - Teacher, English Dept’04 University of Lampung)

Persahabatan itu buat kita sama kucing, ayam, kelinci, tumbuhan, handphone, motor, alam dan lain-lain. Kalau sama manusia itu bukan persahabatan, tapi persaudaraan.
(Okky Pratama – Agroecotechnologi’08 University of Lampung)

Persahabatan itu susah didefinisikan, serumit rambut kribo gue. Persahabatan itu seperti air yang mengalir dan tak terpisahkan.
(Bastian – Law Faculty’08 University of Lampung)

Persahabatan bukan seperti ESIA yang setia 1 jam, bukan seperti BAYGON yang setia 8 jam, juga bukan seperti PEPSODENT yang setia 12 jam. Persahabatan itu harus seperti REXONA yang setia setiap saat.
(Madlias - Teacher, English Dept’04 University of Lampung, First Mekhanai Lampung 2007)

Friendship? Ada 3 kategori.
1.Hubungan atas dasar kebutuhan
2.Hubungan atas dasar kesenangan
3.Hubungan atas dasar ketulusan
Nah, elo yang mana? Gak ada yang salah untuk semuanya.
(Arif Ten2Five – Bassist of Ten2Five Band)

Persahabatan seperti saudara walau tak sedarah.
(Yayan – Nurse, Way Kanan, Lampung)

Persahabatan adalah mau menolong, merasakan suka dan duka bersama, merasa tetap ingin dekat walau ia jauh, bukan menjadi pengkhianat, tetap menghargai, mencurahkan kasih saying yang kita hidupkan dalam hati kita.
(Nurhadi – Nurse, Dharmais Cancer Hospital, Jakarta)

Persahabatn diwarnai dengan berbagai pengalaman suka dan duka, dihibur dan disakiti, diperhatikan dan dikecewakan, didengar dan diabaikan, dibantu dan ditolak sekalipun. Namun semuanya itu tidak pernah sengaja dilakukan dengan tujuan kebencian. Itulah perjalanan dari sebuah persahabatan yang indah. Friend 4ever!
(Denny Neon - Social Economics of Agriculture’05 University of Lampung, Lead Guitarist of Neon Band)

Persahabatan adalah awal dari ridho dan cinta Alloh (Riyadusshalihin Jilid I, Bab Orang yang dinaungi Alloh di hari akhir). Persahabatan adalah pertalian kuat yang melebihi nasab. Persahabatan bagian dienul Islam, karena Nabi dan para Rasul memiliki Hawary (sahabat setia). Adalah sahabat yang berada di atas dien Islam merupakan yang terbaik. Asshohibu ‘alal birri wattaqwa. Sungguh indah bersahabatkan ulama, orang yang sangat takut dan harap pada Zat yang paling ditakuti azabNYA dan paling diharap rahmatNYA. Wallohu ‘alam.
(Heri – Engineering Faculty, Malahayati University)

Waduh gw bingung jawabnya. Yang gw rasain dan yang gw tau sahabat gw udah jauh-jauh semua. Jadi udah lama bener gw ga ngerasain apa arti sahabat yang sebenarnya. Kasian ya gw..
(R. Dinata – Policeman, North Lampung)

Pernah tau segi tiga? Ia memiliki ujung.
Segi empat pun berujung.
Bahkan sebuah garis pun berujung.
Tapi tidak untuk lingkaran, itulah persahabatan buat gue!
(Febrian ‘IGO’ – Agriculture Faculty, University of Lampung, Announcer of Beoli FM Bandar Lampung)

Jika aku pernah sekali saja meninggalkanmu atau tak sudi membantumu dalam keadaan sempitmu, mungkin aku bukan sahabatmu.
(Ahyar – Teacher, English Dept’04 University of Lampung)

Sahabat adalah dia yang menghampiri ketika seluruh dunia menjauh, karena persahabatan itu seperti tangan dan mata. Saat tangan terluka, mata menangis. Saat mata menangis, tangan menghapusnya. Maka kokohkanlah persahabatan dengan iman.
(Kak Ibnu – Ustadz, North Lampung)

Anyway, do you know what a friendship means according to me?
FRIENDSHIP IS YOU!
(Syofian Hadi)

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda. Tolong tinggalkan alamat e-mail, blog atau website Anda.