Friday, February 1, 2013

Ada Apa dengan KPK? (2)

Prof. Jimly Asshiddiqie: Luthfi Hasan Ishaaq Terkesan Jadi Target

Taken by Syofian Hadi from http://www.rmol.co/read/2013/01/31/96476/Prof.-Jimly-Asshiddiqie:-Luthfi-Hasan-Ishaaq-Terkesan-Jadi-Target-


  

RMOL. Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Jimly Asshiddiqie mengungkapkan rakyat selalu menghormati dan percaya kepada proses hukum apalagi dilakukan oleh KPK. 

"Kita selalu percaya itu," kata Jimly kepada Rakyat Merdeka Online(Kamis, 31/) menanggapi penetapan Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq sebagai tersangka kasus suap impor daging sapi. 

Jimly sendiri melihat proses hukum yang dialami anggota Komisi I DPR itu sangat cepat. Lutfhi ditetapkan sebagai tersangka sekitar pukul 20.00 WIB (Rabu, 30/1) dan dijemput langsung pada malam itu juga. 

"(Lutfhi dijadikan tersangka dan dijemput itu) tidak menunggu seminggu atau sebulan. Belum diperiksa, langsung dijadikan tersangka. Padahal yang tertangkap tangan orang lain," ungkapnya merujuk pada operasi tangkap tangan di Hotel Le Meredien, Selasa malam. 

Karena itu, sambung Jimly agar kepercayaan kepada KPK tidak berubah, sebaiknya dua alat bukti mengenai keterlibatan Lutfhfi disampaikan ke publik. Jadi orang tidak menerka-nerka lagi.  "Jadi kalau misalnya, tidak diungkapkan dua alat bukti yang dianggap cukup itu orang jadi heran. Kok tiba-tiba begitu cepat prosesnya," ujar Jimly. 

Sebelumnya usai menghadiri diskusi publik yang diselenggarakan Fraksi Partai Gerindra di Gedung DPR, Jakarta, Jimly melihat Luthfi ini seperti jadi target. "KPK menetapkan Luthfi Hasan Ishaq sebagai tersangka sangat cepat, hanya beberapa menit setelah penangkapan. Kesannya, PKS seperti menjadi target," kata Jimly. [zul]

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda. Tolong tinggalkan alamat e-mail, blog atau website Anda.